Jumat, 25 November 2011

Seiko Arnie H558 vs H601

Seiko ana-digi (analog-digital) memang tidak terlalu populer bisa dibandingkan dengan seri Seiko yang lain. Sedikit dari beberapa seri ana-digi yang sukup terkenal adalah seri H558 dan H601. Kedua seri tersebut dipopulerkan oleh Arnold Schwarzenegger di dalam film-filmnya sehingga selanjutnya banyak disebut dengan nama Seiko Arnie.
Berikut ini sedikit perbandingan di antara keduanya, yang saat ini akan diwakili oleh H558-5000 dan H601-5480. Perbandingan ini hanya sejauh yang bisa di-sharing jadi mohon masukan jika ada kekeliruan.
Dari penampakan depan kedua seri tersebut cukup mirip termasuk dimensinya (diameter 43mm excl crown dan tebal 13 mm). Kita akan lebih cepat mencari perbedaan kedua jam tersebut melalui letak LCD-nya yang berada di posisi 12 (H558) dan 6 (H601).

 Tampak samping juga terlihat keduanya sangat mirip. Hanya posisi dari push buttons aja yang agak beda sedikit. Shroud dari kedua jam ini bawaannya adalah plastik. Tapi seiring usia plastik, maka untuk H601 diganti dengan shroud dari aluminium yang kuat (banyak dijual aftermarket shroud for Arnie berbahan aluminium).
Dari sini mulai terlihat adanya perbedaan atara shroud plastik bawaan di H558 (bawah). Yang asli (plastik) sudah mulai deformasi, sedangkan yang aluminium dipakai oleh H601 masih solid.
Walaupun kelihatan sangat mirip, tetapi dimensi shroud untukkeduanya beda sehingga tidak  bisa dilakukan tukar baju. Termasuk untuk crown dan bezelnya, yang walaupun mirip tetapi tidak sama persis.

Walaupun sama-sama water resist 150m, tetapi keduanya berbeda tingkatan untuk urusan sertifikasi ISO Diver. Untuk H558 sudah lolos syarat ISO Diver, sedangkan H601 belum mendapatkannya. Hal tersebut dapat dilihat dari tulisan di dial keduanya, water150resist (H558) dan Sport 150 (H601). Dari desain backcase beserta logo ombaknya, akan diketahui bahwa untuk seri H558 memang untuk ISO Diver (dengan logo Tsunami), sedangkan yang H601 berjenis sport diver.

Setelah backcase dibuka, maka akan terlihat keduanya ama-sama memiliki dust cover. Akan tetapi ada sedikit perbedaan, bahwa di H558 setelah dust cover masih terdapat plastik penahannya (warna hijau) dengan baterai terekspose.

Movement dari keduanya memang mirip, terutama dari fasilitas yang ada (alarm, stopwatch, lampu untuk LCD-nya). H601 terbit setelahnya H558 (walaupun ada yang berumur sama). Sehingga walaupun ditenggarai ada spec down tetapi sebenarnya H601 punya movement yang relatif lebih baru yang tentunya telah ada inovasi terhadap produk sebelumnya.
Salah satu hal yang disukai adalah bahwa di H601 setting angka digital-nya hanya membutuhkan pengoperasian dengan push buttons yang ada. Sedangkan di H558 setting digital-nya melibatkan crown yang ditarik klik pertama. Setting dengan push buttons lebih baik karena menghindarkan kita terlalu sering buka-tutup crown yang berpotensi merusak crown (apabila tidak hati-hati) terutama aus pada ulir-nya.
Sedangkan yang kurang disuka dari H601 adalah bahwa LCD lebih kecil dari H558. Fasilitas informasi tahun membuat tulisan untuk hari terlalu kecil. Padahal informasi hari lebih sering kita butuhkan.

2 komentar:

  1. If you would like an alternative to casually approaching girls and trying to figure out the right thing to do...

    If you'd prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and night clubs...

    Then I urge you to play this short video to find out a strong secret that can literally get you your very own harem of attractive women:

    FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM!!!

    BalasHapus